Selasa, 10 Februari 2009

LAPORAN PENDAHULUAN (LP) DAN STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN (SP)

PRAKTIK MAHASISWA
Mhs langsung berhubungan dengan klien yang sesungguhnya.
Di tatanan klinik.
Apa yg dikerjakan mempengaruhi status kesehatan klien.
Sering mengalami kecemasan.
Praktek klinik tdk optimal, "merugikan klien"

PERLU PERSIAPAN PRAKTIK
Teori dan konsep asuhan di kampus
Praktek laboratorium
Praktek Klinik dengan bimbingan yang intensif
Mahasiswa mempengaruhi positif kepada klien

FASE HUBUNGAN TERAPEUTIK
Fase Pra Interaksi
Fase Orientasi atau perkenalan
Fase Kerja
Fase Terminasi
Diterapkan dlm interaksi Mhs - Klien

Fase Pra Interaksi
Saat sebelum Mhs berinteraksi dg Klien.
Perlu persiapan pengetahuan tentang klien: masalah utama, gejala dan tandanya, proses terjadinya masalah, pohon masalah, data yg perlu dikaji, diagnosa keperawatan dan tindakan keperawatan yang akan diterapkan kepada klien.
Bentuknya : LP
Mhs juga perlu menyiapkan rancangan komunikasi dengan klien shg komunikasi yang terjadi terapeutik.
Bentuk : SP ~ skenario interaksi.
2 bagian: NCP yg akan diterapkan dan strategi komunikasi yang nanti akan dilakukan (Orientasi – Kerja – Terminasi)

INTERAKSI PD - KLIEN
Berdasar LP dan SP.
Fase orientasi
Fase kerja
Fase terminasi

LAPORAN PENDAHULUAN
Masalah Utama: masalah utama / keluhan utama. Rumusan baku masalah keperawatan (NANDA)
Proses terjadinya masalah:
Deskripsi masalah keperawatan utama.
Data penunjang
Penyebab masalah utama
Akibat masalah utama
Pohon Masalah.
Masalah Keperawatan dan data yang perlu dikaji.
Masalah keperawatan
Data penunjang (DO dan DS)
Diagnosa keperawatan ~ sesuai pohon masalah.
Tindakan Keperawatan: NCP untuk dx yang etiologinya adalah masalah utama.

STRATEGI PELAKSANAAN
Tujuan: tujuan khusus yang akan dicapai melalui interaksi dg klien (satu sesi interaksi).
Tindakan keperawatan: bagian intervensi yang akan diterapkan pada interaksi tersebut.
Strategi Komunikasi
Orientasi:
Salam terapeutik: salam; perkenalan.
Evaluasi/validasi: menanyakan perasaan klien, alasan masuk.
Kontrak: topik/prosedur yg akan dikerjakan, waktu, tempat.
Kerja: mengkomunikasikan tindakan yang akan diterapkan. Perlu reinforcement.
Terminasi: mengakhiri interaksi.
Evaluasi subyektif: menyanyakan perasaan klin stl interaksi.
Evaluasi obyektif: mengulas isi komunikasi.
Tindak Lanjut: PR untuk klien
Kontrak YAD: topik, waktu, dan tempat.

SP DAN PROSES KEPERAWATAN
SP memudahkan perawat menerapkan NCP dalam bentuk interaksi yang terapeutik.
Interaksi dg klien menjadi sistematis.
Setelah interaksi dilakukan pendokumentasian implementasi dan evaluasi.

KESIMPULAN
Praktek klinik ~ stressful
Mhs perlu persiapan utk menurunkan ansietas
LP dan SP
Siap berinteraksi dg Klien
Terjamin terapeutik
Klien sejahtera (maladaptif ® adaptif)